Semangat Hari Perhubungan Nasional 2016 di Jawa Barat Menginspirasi Layanan Transportasi PON XIX

Post :   |   21 September 2016   |   10:46 WIB   |   Dilihat 1191 kali

Tanggal 17 September 2016 merupakan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang selalu diperingati oleh segenap Insan Perhubungan di seluruh Indonesia. dalam sambutannya menteri Perhubungan menyampaikan, bahwa "Peringatan Hari Perhubungan Nasional Merupakan momentum yang tepat bagi kita, segenap Insan Perhubungan, untuk meresapi kembali makna semboyan perhubungan "Wahana Manghayu Warga Pertiwi" yang artinya perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara. Seperti yang telah kita sadari bersama, sektor perhubungan memiliki peranan yang teramat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sektor transportasi harus dapat menjalin konektivitas antar pulau dan harus mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah tanah air Indonesia".

Selain itu juga Menteri Perhubungan berpesan "Karena peranannya yang teramat strategis itu, segenap Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen untuk memberikan kerja keras yang nyata di sektor transportasi, selain sebagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, juga dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Hal Tersebut sejalan dengan Tema Harhubnas Tahun 2016 "Melalui Peringatan Harhubnas Tahun 2016 Kita Tingkatkan Prestasi Kerja Nyata Untuk Mewujudkan Transportasi Yang Aman, Selamat dan Nyaman".

Berbeda dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional di tahun - tahun sebelumnya, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat kali ini tidak menggelar upacara peringatan yang biasanya dilaksanakan tepat pada Tanggal 17 September, karena di bulan September 2016 Tanah Legenda menjadi tuan rumah dari perhelatan akbar olahraga nasional, yaitu dilaksanakannya Pekan Olahraga Nasional ke XIX (PON XIX), dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sebagai Bidang Transportasi.

Perhelatan akbar ini mempertandingkan sebanyak 44 cabang olah raga dengan 756 nomor pertandingan, serta melibatkan 9.533 atlet, 4.071 ofisial, 10.271 yang akan memperebutkan 2.492 medali (756 medali emas, 756 medali perak, dan 980 medali perunggu). Jumlah tersebut belum termasuk panitia pelaksana dan 18.468 relawan.

Untuk melayani pergerakan terkait penyelenggaraan PON XIX ini Panitia Bidang Transportasi yang dalam hal ini digawangi oleh Personil dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, panitia menyediakan 384 unit Bus Besar, 507 unit Bus Sedang, 222 unit bus kecil, 159 unit MPV, 68 unit Doble Cabin, 34 kendaraan 2.500 cc, dan 36 unit kendaraan 2.000 cc.

Tepat pada tanggal 17 September 2016 yang juga merupakan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), juga dilakukan Seremonial pembukaan PON XIX 2016 di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dimana sekitar 27 ribu tamu undangan hadir dalam acara tersebut. Sebanyak 3.525 aparat diterjunkan untuk mengamankan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (17/8/2016). Pengamanan ketat diberlakukan oleh aparat dan panitia demi kelancaran acara. Terlebih lagi, Presiden Joko Widodo hadir pada acara ini. 3.525 aparat tersebut terdiri atas TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, SAR, dan beberapa satuan lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Perhubungan menyiapkan lokasi parkir kendaraan tamu undangan serta fasilitas antar dan jemput untuk tamu undangan dengan menggunakan shuttle bus.

Pada peringatan-peringatan Harhubnas di tahun-tahun sebelumnya, Di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dilakukan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Harhubnas, seperti bakti sosial (sunatan massal), pertandingan olahraga yang melibatkan stakeholder tekait perhubungan, dan juga lomba-lomba yang menguji kemampuan atraktif serta kreasi dari para Insan Perhubungan, terutama pegawai di lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, dengan harapan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas dalam melaksanakan tugas.

Dengan tidak mengurangi semangat peringatan Hari Perhubungan Nasional, Insan Perhubungan di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, di tanggal 17 September 2016 tetap memperingatinya sesuai bagian dari tema dari Harhubnas tahun 2016 yaitu “Kerja Nyata Untuk Mewujudkan Transportasi Yang Aman, Selamat dan Nyaman” dengan melaksanakan tugas untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON XIX di Provinsi Jawa Barat.

Harapan dari peringatan Harhubnas tahun 2016 ini, semoga peringatan Harhubnas menjadi momentum untuk selalu memberikan pelayan terbaik, meningkatkan prestasi, serta sebagaimana disampaikan para leluhur tanah pasundan yang menjadi local wisdom masyarakat sunda, yang dipandang masih relevan untuk diterapkan untuk semangat pembangunan dalam bidang transportasi.  Yaitu “Nu Jauh urang deukeutkeun, geus deukeut urang layeutkeun, geus layeut urang paheutkeun, geus paheut silihwangikeun” Untuk itu mari kita memperkokoh rasa persaudaraan dan kekeluargaan segenap insan perhubungan di manapun berada.

Selamat Hari Perhubungan Nasional…

Jaya Selalu Perhubungan….


Oleh : Tim Pengelola Website Dishub Jabar (IT.)