Kunjungan Kerja Kadishub ke Tol Cisumdawu

Post :   |   05 September 2019   |   15:50 WIB   |   Dilihat 1215 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Kunjungan Kerja Kadishub ke Tol Cisumdawu

Sumedang – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Jawa Barat telah melakukan kunjungan kerja ke area pembangunan jalan tol Cileunyi, Sumdang, Dawuan (Cisumdawu). Kunjungan tersebut bersamaan dengan kunjungan Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPTJ) Danang Parkesit, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo, Direktur Teknik PT CKJT Bagus Medi dan pihak yang berkaitan.

Dalam kunjungan tersebut membahas tentang progress waktu pengerjaan jalan Tol Cisumdawu sebagai aksebiltas penunjang utama Bandara Kertajati yang sangat di tunggu masyarakat. Ruas jalan tol sepanjang 61 Kilometer tersebut memangkas jarak tempuh dari Bandung menuju Kertajati yang semula 2,5 jam menjadi 45 menit. Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada tahun 2020.

Dalam kesempatannya Kadishub menyampaikan bahwa jalan tol Cisumdawu sekarang masih dalam progress dan sedang melakukan pembebasan lahan. Opsi pertama ini adalah agar Cisumdawu di tahun 2020 bisa menempuh waktu 1,5 jam perjalanan dari Bandung dahulu, hal tersebut merupakan captive market utama. Menurut Kadishub 1,5 jam merupakan asumsi jika tahun 2020 pembangunan belum sepenuhnya selesai atau baru tiga seksi yang menghubungkan antara Cileunyi menuju Cimalaka (Sumedang), kemudian perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan jalur arteri. Tetapi jika selesai pada tahun 2020 maka Bandung Kertajati bias ditempuh 45 menit.

Kadishub menambahkan, seksi I, II, dan III sepanjang 30 kilometer pembangunannya menjadi porsi pemerintah, sementara seksi IV, V, dan VI menjadi porsi badan usaha. Pembebasan lahan masih menjadi hambatan utama selama pembangunan Tol Cisumdawu tersebut. Sekarang yang sedang dilakukan dan kami kejar ini adalah seksi IV, V, dan, VI. Dari sisi kendala memang masalah lahan yang menjadi perhatian kita.

Kadishub tidak memandang pesimis akan bandara Kertajati, bandara tersebut bias menjadi gerbang udara utama di Jawa Barat. Peran semua pihak diperlukan untuk membangkitkan penerbangan di Kertajati dengan membangung sejumlah fasilitas.

Sementara Kepala BPTJ Danang Parkesit menyampaikan bahwa ada beberapa seksi yang sudah bisa beroperasi. Pada saat lebaran kemarin, seksi I yang menjadi porsi pemerintah sudah difungsionalkan. Pengerjaan Tol Cisumdawi seksi I hamper selesai, sementara seksi II diupayakan selesai pada September 2019 dan seksi III akan selesai pada akhir tahun ini juga.