Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019

Post :   |   19 September 2019   |   14:41 WIB   |   Dilihat 1313 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019

Bekasi – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019, Dinas Perhubungan telah menyelenggarakan Upacara Peringatan Harhubnas di Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi (Kamis, 19/09/2019). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertindak sebagai Pembina Upacara dan di hadiri oleh seluruh Dinas Perhubungan Kabupaten / Kota di Jawa Barat serta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat menyampaikan insan perhubungan harus berupaya meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan akan tidak efektif jika masyarakat tetap menggunakan kendaraan pribadi.

Di negara maju 70 persen warganya telah menggunakan transportasi publik dan 30 persen menggunakan kendaraan pribadi. Sebaliknya di Indonesia kondisinya terbalik, warga lebih banyak menggunakan transportasi pribadi.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengembangkan jalur transportasi, diantaranya reaktivasi empat jalur Kereta Api, kereta cepat yang ditargetkan rampung pada tahun 2021, BIJB sudah beroperasi, Bandara Sukabumi saat ini sedang dalam proses study kelayakan, Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran sedang dilelang investasi. Di Kabupaten Bekasi tengah dikaji jalan paralel untuk jalur logistik dengan angkutan penumpang biasa. Sekarang sedang diteliti jalan logistik dengan jalan tol, hal ini merupakan komitmen yang sedang kita siapkan.

Gubernur menambahkan bahwa banyaknya kepercayaan investor di Jabar menandakan mereka nyaman dengan kualitas dan infrastruktur perhubungan yang melancarkan bisnis disini. Kelancaran transportasi itu ada pada kelancaran pembangunan. 

Keberhasilan transportasi merupakan kolaborasi semua pihak, tadi ada perwakilan dinas, masyarakat, perusahaan, dan kepolisian. Menandakan pentingnya transportasi itu lintas dimensi. Semangat insan perhubungan mudah-mudahan terwujud. Niatkan tugas kita ini melayani, niatkan ibadah. Tangguh, tanggap, terampil, tanggung jawab mudah-mudahan diwujudkan dalam kesehariannya.

Setelah selesai upacara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari juga menyampaikan dalam kesempatannya, untuk langkah jangka pendek Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat akan melakukan sosialisasi dan kampanye gerakan penggunaan transportasi publik sesuai RUNK (Rencana Umum Nasional Keselamatan) dengan lima institusi terkait sesuai dengan matra baik kendaraan, orang dan manajemen akan terus sinergi dan berkolaborasi. Harhubnas jadi momentum perbaikan dan peningkatan pelayanan perhubungan. Perhubungan menjadi pengampu sarana dan prasarana dan keselamatan. (Tim Website)