Beroperasinya Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek (Japek)

Post :   |   16 Desember 2019   |   14:57 WIB   |   Dilihat 430 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Beroperasinya Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek (Japek)

Cikampek – Pembangunan Ruas jalan tol Jakarta – Cikampek II (elevated) telah rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12/2019) lalu. Pada Minggu tanggal 15 Desember 2019 jalan tol tersebut dibuka untuk umum.

Presiden Jokowi pada saat meresmikan ruas jalan tol tersebut menyampaikan bahwa dengan selesainya ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek elevated) ini persoalan kemacetan bisa terselesaikan yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Jalan tol Japek di bangun sepanjang 38 kilometer akan menghubungkan Cikunir dan Karawang Timur. Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Hubdat, Budi Setyadi menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan jalan tol tersebut agar memastikan saldo e-toll dan bahan bakar dalam keadaan cukup. Jalan tol Japek (elevated) ini didesain untuk perjalan jarak jauh dan tidak terdapat rest area, kendaraan yang dapat menggunakan ruas jalan tersebut adalah kendaraan golongan I non bus, non truk atau kendaraan kecil.

Kecepatan kendaraan yang melalui ruas jalan tol Japek akan dibatasi antara 60 hingga 80 km per jam dengan pengawasan Electronic Traffic Law Enforcement.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan untuk sementara waktu jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif. Untuk tarif masih akan diperhitungkan. PT Jasa Marga masih ingin melihat sejauh mana kendaraan yang akan melintas jalan tol layang terpanjang se-Indonesia tersebut.