DISHUB JABAR BERUSAHA MEWUJUDKAN DIGITALISASI TRANSPORTASI

Post :   |   08 Januari 2022   |   09:07 WIB   |   Dilihat 930 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

DISHUB JABAR BERUSAHA MEWUJUDKAN DIGITALISASI TRANSPORTASI

* KOTA BANDUNG --* Dishub jabar berusaha mewujudkan digitaliasai transportasi angkutan umum dengan memanfaatkan layanan teknologi yang semakin berkembang. Sebagai salah satu strategi peningkatan layanan tersebut dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam bermobilisasi menggunakan angkutan umum yaitu  bekerjasama dengan Jaramba

Jaramba hadir sebagai solusi dengan menyediakan layanan berbasis web untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan transportasi publik. 

Dengan 3 fitur unggulan yaitu; cari rute perjalanan, real time position kendaraab, dan pembelian tiket digital perjalanan dengan menggunakan e-wallet sebagai pilihan pembayaran non tunai.

Cukup membuka app.jaramba.id pada browser handphone, pengguna dapat mencari rute perjalanan secara lengkap sebagai fitur pertama dari Jaramba. Bukan hanya menggunakan moda transportasi kendaraan bermotor saja tetapi juga tersedia rute berjalan kaki yang dilengkapi dengan jarak tujuan. Fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang masih kebingungan mencari rute bepergian dari satu titik ke titik lainnya.

Fitur kedua yaitu; Real-time position. Fitur ini membantu pengguna meningkatkan efektivitas dalam bermobilisasi karena dapat mengetahui posisi terkini kendaraan tanpa harus menunggu lama dalam ketidakpastian.

Fitur yang terakhir adalah; pembelian tiket digital dengan pembayaran menggunakan e-wallet pilihan. Fitur ini memudahkan pengguna menyelesaikan perjalanan hanya dalam satu kali tap. 3 fitur utama ini diharapkan mampu menjadi daya tarik masyarakat agar mau bepergian menggunakan transportasi publik. 

Jaramba akan memulai digitalisasi transportasi publik dengan konsep MaaS yang dikembangkan dengan menyesuaikan demografi masyarakat agar lebih tepat guna.

Kerjasama dishub jabar dengan jaramba  melambangkan sebuag semangat yang  untuk fokus memperbaiki transportasi publik di Jawa Barat, dimulai untuk saat ini di Bandung Raya.

Pada hari Jumat, 7 Januari 2022,  Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat melakukan kick-off digitalisasi angkutan umum bwrsama Jaramba. Ceremony dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hadir meresmikan sebagai tanda digitalisasi transportasi publik di wilayah Bandung Raya dimulai. 

Kang Emil mengatakan, era digitalisasi saat ini memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan lama yang konvensional. Tak hanya dalam jual-beli, layanan transportasi umum pun sudah harus menggunakan sistem online.

"Sudah saatnya hijrah ke digital. Tak hanya jual-beli, bertransportasi pun harus sudah online," katanya.

Harapannya semoga dengan adanya  digitalisasi transportasi ini dapat memperbaiki transportasi publik yang aman dan andal bukan hanya untuk masyarakat Bandung Raya, tapi juga seluruh wilayah di Indonesia. Harapan tersebut juga sejalan dengan harapan Pak Gubernur saat membuka acara tadi.

 Tak hanya rute dalam kota, secara bertahap, Jaramba diharapkan bisa melayani rute antarkota dan provinsi. Kang Emil pun meminta digitalisasi transportasi umum meluas ke seluruh wilayah Jabar.

"Mau antarkota, antarprovinsi itu hanya masalah waktu bahwa semua urusan dalam berkendara akan full digital dimulai dari level kota," tuturnya.