Bandar Udara dan Bagiannya

Post :   |   31 Juli 2015   |   16:00 WIB   |   Dilihat 9309 kali

DISHUB JABAR

Bandar Udara dan Bagiannya

Bandar udara ialah fasilitas dimana pesawat terbang dapat menaikkan dan menurunkan penumpang ataupun barang (kargo) yang kemudian mendarat / lepas landas. Seperti yang sedang di bangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat pembangunan Bandara Kertajati, di Kabupaten Majalengka. Sejauh ini, pengerjaan landasan pacu tahap pertama sudah hampir selesai dan pembebasan lahan mendekati 1.000 hektar.

Bagian-bagian apa sajakah yang mutlak diperlukan agar suatu bandara dapat dikatakan bandara modern yang berstandar internasional?

1 Terminal

Terminal ialah elemen utama yang pasti berada di bandara karena di bangunan inilah calon penumpang pertama kali menginjakkan kakinya. Di dalam terminal ini, penumpang dapat membeli tiket, melakukan check-in, menunggu, dan sebagainya jumlah terminal bisa lebih dari satu contohnya Bandara Internasional soekarno Hatta yaitu terminal 1, 2 dan 3. .

2 Apron

Apron ialah tempat dimana pesawat dapat parkir untuk menaikkan / menurunkan penumpang ataupun mengisi bahan bakar. Pada bandara internasional, biasanya terdapat garbarata yaitu lorong yang menghubungkan antara pesawat dan terminal. Antara apron dan landas pacu, dihubungkan dengan jalan rayap yang disebut taxiway.

3 Taxiway

Taxiway ialah jalan yang menghubungkan antara Apron dan landas pacu. Keberadaannya sangatlah penting karena dengan adanya taxiway, pesawat dapat berjalan menuju apron dengan aman tanpa mengganggu pesawat lainnya.

4 ATC (Air Traffic Controller)

Pemandu Lalu Lintas Udara (: Air Traffic Controller, ATC) ialah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antarpesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antarpesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. ATC atau yang disebut dengan Air Traffic Controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu Pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara). ATC adalah rekan terdekat pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvring Area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC, yang kemudian ATC akan memberikan informasi, instruksi,Clearance/mandat kepada Pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan, semua komunikasi itu dilakukan dengan peralatan yang sesuai dan memenuhi aturan.

5 Landas pacu

Landas pacu ialah sepetak lahan yang digunakan oleh pesawat terbang untuk lepas landasatau pendaratan yang dapat berupa aspal atau rumput. Dalam bahasa Inggris disebut runway. Nama landas pacu diambil dari arahnya dengan pembulatan ke puluhan terdekat, contoh: 36 untuk landas pacu yang mengarah ke 360 derajat (utara). Karena sebuah landas pacu bisa dipakai dua arah, penamaan pun ada dua dengan selisih 18. Contoh: landas pacu (TH)