Bahan Bakar Alternatif

Post :   |   30 Agustus 2013   |   15:00 WIB   |   Dilihat 9915 kali

SEJUMLAH kendaraan saat ini menggunakan bahan bakar dari fosil atau minyak (bensin atau solar). Padahal, simpanan bahan bakar minyak tersebut jika digunakan secara terus menerus lama-lama akan habis juga. Karena itu, seringkali kita mendengar adanya sejumlah desakan agar menggantikan bahan bakar fosil dengan menggunakan bahan bakar alternatif.

Berikut sejumlah bahan bakar alternatif yang bisa dikembangkan sebagai pengganti bahan bakar konvensional/fosil dari sejumlah literatur :

  1. Listrik
  2. Pemerintah Indonesia melalui Kementrian BUMN, sedang menggalakkan energi listrik. Hal ini terlihat dengan adanya pengembangan dan pembuatan sejumlah kendaraan listrik di sejumlah kampus dalam negeri. Misalnya saja Institut Tekhnologi Bandung (ITB).

  3. Biodiesel
  4. Sumber bahan bakar ini berasal dengan cara mengolah dan mengekstrak energi dari berbagai macam tanaman dan sayuran. Sebuah proses dari transesterifikasi lipid digunakan untuk mengubah minyak dasar menjadi ester yang diinginkan dan membuang asam lemak bebas. Setelah melewati proses ini, tidak seperti minyak sayur langsung, biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari minyak bumi, dan dapat menggantikannya dalam banyak kasus. Namun, dia lebih sering digunakan sebagai penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahan bakar diesel petrol murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas.

    Sumber bahan bakar ini berasal dengan cara mengolah dan mengekstrak energi dari berbagai macam tanaman dan sayuran. Sebuah proses dari transesterifikasi lipid digunakan untuk mengubah minyak dasar menjadi ester yang diinginkan dan membuang asam lemak bebas. Setelah melewati proses ini, tidak seperti minyak sayur langsung, biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari minyak bumi, dan dapat menggantikannya dalam banyak kasus. Namun, dia lebih sering digunakan sebagai penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahan bakar diesel petrol murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas.

    Biodiesel merupakan kandidat yang paling baik untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia. Karena merupakan bahan bakar terbaharui yang dapat menggantikan diesel petrol di mesin sekarang ini. Bahkan dapat diangkut dan dijual dengan menggunakan infrastruktur zaman sekarang.

  5. BBG
  6. BBG atau Bahan Bakar Gas merupakan gas alam terkompresi (compressed natural gas/CNG). BBG juga merupakan salah satu kandidat bahan bakar alternatif. Sebab, dari hasil penelitian sejumlah ahli, BBG memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan minyak. Sejumlag negara sudah memanfaatkan BBG ini sebagai bahan bakar altarnatif. Antara lain, Argentina dan Brazil di Amerika Latin merupakan dua negara dengan jumlah kendaraan pengguna CNG terbesar. Untuk penggunaannya mudah sebetulnya. Sebab CNG dapat digunakan untuk mesin Otto (berbahan bakar bensin) dan mesin diesel (berbahan bakar solar).

    Harus diingat adalah CNG/BBG ini berbeda dengan LPG. Meski sama-sama merupakan gas alam, CNG adalah gas terkompresi atau propana (C3H8) dan butana (C4H10). Sedangkan LNG adalah gas dalam bentuk cair. (Rinny)**