Larangan Angkutan Barang Saat Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Post :   |   14 Desember 2017   |   08:53 WIB   |   Dilihat 1715 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Larangan Angkutan Barang Saat Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Bandung – Menjelang libur Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diperkirakan secara pasti akan terjadi lonjakan arus kendaraan pada hari tersebut terutama menuju tempat-tempat wisata.  Berdasarkan hal tersebut yang sudah menjadi tradisi setiap akhir tahun Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat akan mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan untuk mengeluarkan surat edaran himbauan larangan untuk angkutan barang agar tidak beroperasi selama libur panjang natal dan tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengatakan Pembatasan kendaraan angkutan barang diharapkan bisa disetujui oleh Kementerian Perhubungan, mengingat Jawa Barat merupakan daerah perlintasan dan tujuan mudik dan wisata pada saat libur panjang. Selain itu juga kondisi infrastruktur jalan untuk menjaga keamanan, kelancaran dan keselamatan lalu lintas.  Pelarangan angkutan barang ini bersifat situasional.

Menurut Kadishub tidak semua angkutan barang dilarang. Terdapat pengecualian dalam himbauan tersebut diantaranya bagi kendaraan yang mengangkut sembako, hantaran pos dan bahan bakar. Bagi angkutan barang yang masih beroperasi Dishub Jabar sudah menyediakan kantung-kantung parkir.

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan diruas jalan tol dan arteri di wilayah Cikarang – Karawang dan Purwakarta Dishub Jabar bersama jajaran kepolisian akan melakukan pengamanan terpadu di Posko Terpadu Cikopo Purwakarta.

Selain itu meminta pembangunan infrastruktur yang berada di ruas jalan Cawang – Bekasi, Cikarang Utama untuk sementara waktu dihentikan selama arus liburan mulai dari 22 Desember 2017 s.d 2 Januari 2018 untuk menghindari kemacetan. (AA)