Perjanjian Kerja Sama Operasi Bandara Internasional Jawa Barat

Post :   |   23 Januari 2018   |   09:17 WIB   |   Dilihat 137 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Perjanjian Kerja Sama Operasi Bandara Internasional Jawa Barat

Bandung – Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) pengelolaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) telah disepakati di Gedung Negara Pakuan  Jalan Otto Iskandar Dinata Kota Bandung, Senin (22/1/2017). Perjanjian tersebut di tuangkan dalam naskah perjanjian KSO yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Direktur Utama PT. Bandara Internasional Jawa Barat dan Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaludin. Penandatanganan KSO tersebut juga di saksikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, direksi dan para pemegang saham.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memegang saham terbesar dalam perjanjian tersebut sebesar 62% bersama PT.Jasa Sarana dan sindikasi perbankan syariah. Sedangkan PT AP II bersama Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) berkisar 38%.

Dalam kesempatannya Gubernur Jawa Barat menyampaikan rasa syukur atas penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut. Bandara Internasional Jawa Barat akan menjadi bandara pertama yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura II sebagai BUMN dan PT.BIJB sebagai BUMD yang dimilki Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dalam progress pembangunannya hingga saat ini sudah mencapai 85% yang ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2018. Pengoperasian BIJB sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo di targetkan Juni 2018 bisa selesai dan pemberangkatan jemaah haji 2018 dapat terwujud.

Kerja sama yang telah disepakati PT BIJB dan PT AP II akan saling menguntungkan. Pengelolaan Bandara Internasional Jawa Barat oleh PT AP II berlangsung 17 Tahun sampai 2035 mendatang, sebelum pengelolaan benar-benar diserahkan sepenuhnya kepada PT.BIJB. (AA)