Kadishub Optimis Sebelum Softlauncing Pembangunan BIJB Selesai

Post :   |   24 Januari 2018   |   18:02 WIB   |   Dilihat 96 kali

DISHUB JABAR

Kadishub Optimis Sebelum Softlauncing Pembangunan BIJB Selesai

Bandung – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik memberikan pernyataan tentang pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat saat di wawancarai oleh Galamedia (Irwina Istiqomah) Rabu (24/01/2018) di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Jl. Sukabumi No.1 Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Prov Jabar, Dishub akan melanjutkan  pembebasan lahan yang harus mencapai 4.500 meter dengan alokasi dana Rp 50 miliar. Selain itu, pembangunan gedung display dan pagar BIJB harus segera diselesaikan. Pembangunan terminal sudah lebih dari 84%, Dishub Jabar optimis BIJB akan selesai sebelum soft launchng (April 2018).

Untuk akses menuju BIJB akses jalan arteri (non-tol) sudah ada anggaran dari pemerintah pusat tinggal menunggu bulan Februari untuk pengerjaan fisik. Panjang jalan tersebut sejauh 1,77 kilometer dengan lebar 60 meter dan sudah dilakukan tender.

Tidak hanya akses jalan raya, kereta cepat juga terus digenjot yang saat ini pembangunannya baru sampai Jakarta-Bandung. "Pak Presiden menginginkan kereta cepat tidak hanya berhenti di Tegaluar, tetapi harus ke Kertajati. Kami harus respon baik karena Pak Presiden punya target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ini," menurut Kadishub.

Selain proyek BIJB, proyek pembangunan pelabuhan patimban dan pengembangan pelabuhan Cirebon  juga harus segera rampung. Penetapan lokasi (Penlok) pelabuhan Patimban sudah dilaksanakan tahun 2017 dan pembebasan lahan di tangani oleh Kemenhub. Sementara untuk pelabuhan Cirebon sesuai dengan nota kesepahaman bersama Pelindo II yang akan dikembangkan dengan reklamasi seluas 50 hektare.

"Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Cirebon akan terhubung dengan BIJB sehingga akses menuju BIJB bervariasi. Seluruh infrastruktur harus terhubung satu dengan yang lain agar layanan transportasi kepada masyarakat lebih baik," jelasnya.

Kadishub menambahkan akan berupaya untuk menyelesaikan proyek yang tercantum dalam APBD "Yang belum tertuang, kami akan berkirim surat ke pemerintah pusat supaya diselesaikan," ucapnya.

Kadishub mencontohkan  pihaknya telah menjalankan peran sesuai kesepakatan untuk membebaskan lahan di pembangunan jalan Tanjungrasa-Cibungur sepanjang 10 kilometer. "Tinggal pemerintah pusat melaksanakan infrastruktur fisik. Nantinya ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban," tuturnya.