Kemenhub Keluarkan Permen Tutup Jalur Puncak

Post :   |   06 Februari 2018   |   17:03 WIB   |   Dilihat 213 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Kemenhub Keluarkan Permen Tutup Jalur Puncak

Bogor – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan payung hukum berupa Peraturan Menteri (Permen) untuk penutupan jalur puncak. Penutupan jalur puncak tersebut selama 10 hari kedepan pasca terjadi longsor dijalur puncak di empat lokasi.

Menurut Dirjen Hubdat  Budi Setyadi penutupan jalur puncak dilakukan berdasarkan informasi yang didapat dari beberapa instansi di lapangan yaitu Polres Bogor, BPBD, Badan Geologi dan Kementerian ESDM. Setelah mendapatkan informasi dibuatlah kesepakatan bersama antar instansi yaitu Polres Bogor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian PUPR dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG).

Dirjen Hubdat juga mengatakan bahwa penutupan jalur puncak terhitung mulai tanggal 6 Februari 2018 hingga sepuluh hari kedepan mulai dari Gunung Mas Puncak hingga Ciloto. Kemenhub juga segera menyiapkan payung hukum dengan membuat regulasi Peraturan Meteri Perhubungan dan diupayakan sudah bisa di tandatangani pada Kamis (7/2/2018).

Selama 10 hari tersebut akan dilakukan penanganan longsor dan memantau penanganan longsor. Bagi kendaraan yang ingin menuju puncak dapat menggunakan jalur alternatif Sukabumi, begitu pula sebaliknya dari Cianjur dapat melewati jonggol. (AA)