Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Banten

Post :   |   09 Februari 2018   |   14:22 WIB   |   Dilihat 64 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Banten

Bandung – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah menerima kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Banten. Dalam kunjungannya, DPRD Banten diterima oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Transportasi Darat Ali Nurudin dan Kepala Subbagian Perencanaan dan Pelaporan Agus Didik Suseno. Kunjungan tersebut membahas pengelolaan terminal tipe B di Jawa Barat.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana bertindak sebagai pembicara dalam pembahasan terminal tipe B tersebut. Dalam kesempatannya di sampaikan bahwa di Jawa Barat terdapat 14 terminal tipe B yang tersebar di Jawa Barat, hingga saat ini secara yuridis sudah di serahkan. Landasan hukum terminal tipe B tersebut berdasarkan UU o.23 Tahun 2014 dan Keputusan Gubernur No.550.22/Kep.1197.dishub/2016.

Sebelumnya terdapat 48 terminal yang akan dijadikan terminal tipe B namun setelah di lakukan studi kelayakan akhirnya 14 terminal yang akan dijadikan terminal tipe B. Setelah di lakukan studi akan dilakukan penentuan lahan atau lokasi yang akan di jadikan terminal tipe B.

Sementara dalam kesempatannya juga Kasubag Perencanaan dan Pelaporan juga menyampaikan sejak berlakunya UU 23 tahun 2014 maka di tahun 2017 harus sudah di anggarkan maka di Jawa Barat sudah di buat payung hukumnya penyelarasan RPJMD dan penyelarasan Renstra Dinas Provinsi Provinsi Jawa Barat dengan memunculkan indikator persentase terminal tipe B yang memenuhi standar atas dasar itu di bisa disusun penganggaran tahun 2017. Pada tahun tersebut di ikuti juga dengan pembentukan Unit Pelayanan Teknis Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (UPTD LLAJ) yang asalnya 2 kemudian di usulkan 6 UPTD namun yang di setujui menjadi 4 wilayah.

Walaupun sudah di anggarkan di tahun 2017 secara operasional belum bisa dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat karena beberapa hal seperti aset belum semuanya di serahkan ke Provinsi Jawa Barat. Hingga Desember 2017 baru 10 terminal yang sudah selesai 4 terminal belum selesai 3 di Kota Bandung 1 di Kabupaten Tasikmalaya. (AA)