Pembuatan SIM A Umum Secara Kolektif Di Bandung

Post :   |   03 Maret 2018   |   14:47 WIB   |   Dilihat 204 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Pembuatan SIM A Umum Secara Kolektif Di Bandung

Menteri Perhubungan RI Budi Karya SUmadi telah melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung dalam rangka Peninjauan Fasilitas Sarana dan Prasarana Perhubungan pada hari Sabtu (3/3/2018). Dalam kunjungannya Menhub di damping Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Angkutan Multimoda Cucu Mulyana, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Supratman, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Hendro Panowo. Salah satu agenda Menhub yaitu memantau pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A umum.

Kementerian Perhubungan bersama Polda Jabar menyelenggarakan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A umum secara kolektif untuk pengemudi angkutan sewa khusus maupun pengemudi taksi reguler di Polrestabes Bandung.

Kegiatan pembuatan SIM A umum kolektif tersebut diikuti oleh 200 pengemudi yang mengikuti ujian SIM. Dalam proses pembuatan SIM pengemudi harus memgikuti beberapa tahapan, mulai dari test kesehatan, ujian terstulis, simulasi mengemudi dan test mengemudi dilapangan.

Dalam kunjungannya ke Polrestabes Bandung Menhub menyerahkan serifikat secara simbolis kepada pengemudi yang telah lulus uji membuat SIM A umum.

Menhub menyampaikan dalam kesempatannya kepada wartawan bahwa ujian SIM A umum agar pengemudi angkutan umum mematuhi peraturan yang sudah dibuat yaitu Peraturan Menteri Nomor 108 Tahun 2018. “Bagi pengendara yang mobilnya digunakan untuk membawa penumpang dengan tujuan komersil harus memiliki SIM A umum” tegas Menhub.

Pembuatan SIM A umum secara kolektif akan diselenggarakan di 10 kota selama satu bulan, Kota Bandung merupakan kota ketiga yang sebelumnya di selenggarakan di Jakarta dan Surabaya. Program ini juga merupakan kegiatan CSR yang menggunakan biaya 10 – 15 miliar dari Kementerian Perhubungan Menhub juga menyampaikan bagi pengemudi yang tidak mendapatkan kesempatan karena keterbatasan kuota agar melakukan dengan kesadaraan diri.

Kemenhub juga akan menyelenggarakan KIR gratis pada hari selasa yang diselenggarakan di 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Jogjakarta, Semarang, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, dan Palembang. Program KIR ini akan berlangsung selama dua bulan dan dilakukan secara serentak. (AA)