Kunjungan Kerja Presiden Jokowi Ke BIJB

Post :   |   17 April 2018   |   16:27 WIB   |   Dilihat 123 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Kunjungan Kerja Presiden Jokowi Ke BIJB

Majalengka – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Proyek Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka (Selasa, 17/04/2018). Presiden Jokowi di dampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Dirut PT. BIJB Virda Dimas Ekaputra.

Bandara yang dibangun diatas lahan seluas 1.800 hektar memiliki runway sepanjang 2.500 dengan lebar 60 meter. Dalam kunjungannnya Presiden Jokowi meninjau perkembangan pembangunan terminal bandara  BIJB yang hampir selesai.

Presiden menilai pembangunan bandara sejauh ini berjalan dengan baik sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Kedepannya masih banyak fasilitas yang harus dibangun untuk mendukung akses ke bandara Kertajati dengan transportasi lain seperti kereta api dan juga konektivitas ke jalan tol Cipali.

Dalam kesempatannya juga presiden menyampaikan pola pembiayaan pembangunan BIJB bisa dijadikan model untuk proyek pembiayaan infrastruktur di daerah lain. Pembiayaan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah provinsi, pusat dan swasta sehingga mampu mepercepat pembangunan bandara.

Presiden memastikan pada 24 Mei 2018 mendatang akan mulai beroperasi dan memantau apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki. Rencana haji tahun ini sebagian diberangkatkan dari Kertajati sudah disiapkan. Angkasa Pura siap, Garuda siap.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kesempatannya menyampaikan konsep pendanaan pembangunan Bandara Kertajati dilakukan melalui reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) antara pemerintah daerah dan Investor. Pada saat pemerintah tengah merangkul pelaku usaha swasta, proyek Bandara Kertajati sudah merangkul banyak pengusaha swasta dalam proses pembangunannya. (AA)