Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018

Post :   |   14 Mei 2018   |   16:46 WIB   |   Dilihat 145 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018

Bandung – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah menyelenggarakan Rapat Kordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018 (Senin 14/05/2018). Rapat di pimpin oleh Kadishub Jabar Dedi Taufik, di hadiri oleh Ditlantas Polda Jabar, Jasa Raharja cabang Jawa Barat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan juga instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatannya Kadishub menyampaikan posisi kita sudah mendekati lebaran, waktu efektif untuk mepersiapkan angkutan lebaran 3 minggu. Dishub Jabar dan Kepolisian akan berupaya melakukan rekayasa lalu lintas.

Mengenai infrastruktur baik jalan tol maupun non tol sedang dalam perbaikan, untuk jalan provinsi berdsarkan keterangan Kadishub setelah berkordinasi dengan Kadis Bina Marga dan Tata ruang semua jalan provinsi di Jawa Barat dinyatakan sudah baik.

Dishub Jabar akan menyediakan fasilitas lalu lintas untuk pengaman jalan yang dibantu oleh kepolisian dan Dishub Kabupaten/Kota serta instansi terkait lainnya. Pengamanan tersebut akan di prioritaskan di simpul-simpul kemacetan. Di Jawa Barat terdapat 22 titik simpul kemacetan di jalur pantura, 16 simpul kemacetan di jalur tengah dan 21 simpul kemacetan di jalur selatan yang terdiri dari pasar tumpah, SPBU dan rest area.

Berdasarkan data arus mudik tahun 2016 hingga 2017 arus mudik dengan menggunakan darat mengalami penurunan, hal tersebut dikarenakan banyak yang beralih menggunakan kapal laut dan pesawat.

Serangkaian agenda kegiatan angkutan lebaran mulai upacara kesiapan angkutan lebaran dilaksanakan bulan Mei minggu ke 3 dari posko angkutan lebaran 2018 akan dimulai tanggal 7 Juni 2018. Kemudian untuk angkutan barang menurut Kadishub angkutan barang akan dilarang beroperasi mulai H-7 hingga H+7.

Untuk armada angkutan Dishub jabar menyiapkan 1300 Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Angkutan jalan 4676 kendaraan, dan pesawat 96 pesawat per hari. Selain itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan angkutan mudik gratis sebanyak 100 bis yang terdiri dari 5 titik keberangkatan yaitu Bogor, Bekasi, Sukabumi, Bandung dan Cirebon dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Semarang.

Selain itu Kereta Api melalui perwakilannya menyampaikan sudah disiapkan 86 kereta tambahan. Tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh tiketnya sudah habis terjual, sementara kelas prioriti disediakan untuk tanggal tertentu.

Terkait dengan pekerjaan infrastruktur nasional yang sedang dilakukan di tol Cikampek menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) hingga saat ini masih terus dilakukan, mulai H-10 pekerjaan infrastruktur akan dihentikan selama masa angkutan lebaran. (AA)