Rakor Dinas Perhubungan Provinsi Seluruh Indonesia 2018

Post :   |   03 Agustus 2018   |   10:27 WIB   |   Dilihat 201 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Rakor Dinas Perhubungan Provinsi Seluruh Indonesia 2018

Bandung – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Perhubungan se Indonesia Tahun 2018 di Hotel Preanger Kota Bandung pada tanggal 2 sampai 3 Agutus 2018. Kegiatan tersebut bertemakan “Kita Tingkatkan Sinergitas untuk mewujudkan Keamanan dan Keselamatan Transportasi”. Rakor dihadiri oleh 34 Kadishub Provinsi se- Indonesia dan 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Kegiatan di hari pertama di awali dengan pembacaan sambutan Pj. Gubernur Jawa Barat yang diwakilkan oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Udjwalaprana Sigit MM., M.Si.

Kegiatan Rakor merupakan upaya meningkatkan koordinasi, kerjasama dan sinergitas di bidang perhubungan antar Dinas Perhubungan Provinsi se Indonesia. Selain itu, dalam rangka upaya meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan transportasi yang akhir-akhir ini kerap terjadinya kecelakaan pada moda Transportasi Laut dan ASDP di wilayah Indonesia. Perlunya rekomendasi kebijakan dari Pemerintah Daerah untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

Pada hari pertama kegiatan tersebut dilakukan sidang dan membuat 5 kesepakatan yaitu :

  1. Membentuk Forum Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Seluruh Indonesia;
  2. Meningkatkan keselamatan dan kualitas pelayanan transportasi;
  3. Meningkatkan kerjasama dalam penguatan kelembagaan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang profesional pada bidang perhubungan;
  4. Memberikan informasi dan tukar menukar pengalaman dalam penyelenggaraan perhubungan pada Pemerintah Provinsi;
  5. Meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat di bidang Perhubungan.

 

Pada hari kedua dilakukan Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Dalam kesempatannya Kadishub Jabar menyampaikan , “lingkungan perhubungan” harus dimaknai dan disepakati bahwa perhubungan adalah suatu “sistem”, yang dengan sendirinya harus ditata dan dibangun  melalui harmonisasi, sinergisitas dan integrasi setiap unsur/elemen perhubungan itu sendiri.

Setelah pembukaan Rakor acara dilanjutkan dengan Paparan yang disampaikan dari 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. I. Gede Pantja Astawa, Dr. Ir. Sri Hendarto, M.Sc., dan Prof. Dr. Ir. Budi Hartanto Susilo, M.Sc.

Dalam kesempatannya Dr. Ir. I. Gede Pantja Astawa menyampaikan Harmonisasi Kewenangan / Regulasi Pusat & Daerah untuk Keamanan & Keselamatan Transportasi, dilanjutkan pemaparan oleh Dr. Ir. Sri Hendarto, M.Sc. yang menyampaikan Aspek Keamanan dan Keselamatan dalam Manajemen Transportasi dan juga pemaparan Prof. Dr. Ir. Budi Hartanto Susilo, M.Sc yang menyampaikan Aspek Keamanan dan Keselamatan dalam Manajemen Transportasi.