Froum Perangkat Daerah Bidang Perhubungan Provinsi Jawa Barat

Post :   |   15 November 2018   |   17:04 WIB   |   Dilihat 59 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Froum Perangkat Daerah Bidang Perhubungan Provinsi Jawa Barat

Bandung – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) telah menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Rencana Startegis Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 – 2023. Kegiatan tersebut di buka oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Ir. Andreas Wijanto, MT. dan di hadiri oleh seluruh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan para Pejabat Struktural Dishub Jabar.

Pemberi materi paparan disampaikan oleh narasumber dari Kasubdit Kebijakan dan Pembiayaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Tri Bagus Wibowo dan Bappeda Provinsi Jawa Barat Deni Hermawan.

Sekretaris Dishub Jabar dalam kesempatannya menyampaikan bahwa tahun 2018 merupakan tahun transisi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 dan juga memasuki RPJMD tahap ke-4 dari RPJMD 2005-2025. Tahap ke-4 ini yaitu “Mencapai kemandirian masyarakat Jawa Barat” dan pada tahun 2019 merupakan tahun pertama tahapan Pembangunan Jangka Menengah 2018-2023. Forum Perangkat Daerah tahun 2018 mengambil tema “Meningkatnya Aksesibilitas dan Mobilitas Transportasi Menuju Pusat-Pusat Perekonomian yang juga merupakan sasaran ke-2, tujuan ke1 dan misi ke-3 pada rencana awal RPJMD Provinsi Jawa Barat.

Peningkatan penyediaan layanan khususnya bidang perhubungan baik angkutan orang atau pun barang dalam rangka meningkatkan konektifitas wilayah, merupakan salah satu layanan publik yang sejalan dengan Visi Misi Provinsi Jawa Barat dan Dishub Jabar yakin hal tersebut akan menjadi fokus kita.

Sebagaimana diketahui perkembangan infrastruktur di Jawa Barat harus ada yang diwujudkan dan di optimalkan dalam tahapan pembangunan 2018-2023 seperti reaktivasi jalur kereta api, pembangunan pengembangan terminal tipe B, pengembangan angkutan massal, optimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat, pembangunan bandara di Kab. Sukabumi, pembangunan pelabuhan pengumpan regional Palabuhanratu. Insya Allah, dengan kolaborasi serta inovasi perencanaan yang baik akan dapat kita wujudkan bersama.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini diharapkan mendapatkan kesepahaman, kesepakatan sinergitas program kegiatan Bidang Perhubungan yang akan dilaksanakan dalam lima tahun kedepan yang hanya dapat meningkatkan pelayanan transportasi di Jawa Barat dengan mewujudkan penyediaan infrastruktur yang mampu meningkatkan konektivitas antar wilayah dan perhubungan ekonomi sehingga terciptanya peningkatan daya saing untuk mencapai kemandirian masyarakat guna memantapkan pembangunan secara menyeluruh.            

Dalam kegiatan tersebut di lakukan pemaparan dari Narasumber dan dilanjutkan sesi tanya jawab kemudian dilakukan penandatanganan berita acara nota kesepahaman sinergitas yang ditandatangani oleh Para Kepala Bidang Dishub Jabar, Nara Sumber dan perwakilan Kepala Dishub Kabupaten/kota se-Jawa Barat.