Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Pangandaran

Post :   |   29 November 2018   |   08:57 WIB   |   Dilihat 77 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Pangandaran

Pangandaran – Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pangandaran meninjau lokasi wisata Grand Pangandaran yang didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menpar dan Gubernur mendarat di Bandara Nusawiru, Kecamatan Cijulang kabupaten Pangandaran dan disambut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari. Dari Bandara Nusawiru Menpar didampingi Gubernur dan Bupati menuju lokasi Grand Pangandaran yang dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seluas 196 hektar.

Dalam kunjungannya tersebut Menpar menyampaikan bahwa salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi KEK Pangandaran Raya adalah perizinan terpadu disatu pintu birokrasi untuk memudahkan investor berinvestasi disana. Selain itu perbaikan untuk mendukung infrastruktur kawasan tersebut seperti bandara, hotel dan destinasi wisata, anggaran, sumber daya manusia serta kebijakan.

Gubernur Jawa Barat dalam kesempatannya mengungkapkan bahwa Pemprov Jabar kini tengah membenahi sistem transportasi menuju Pangandaran. Beberapa infrastruktur yang akan dibenahi diantaranya reaktivasi jalur kereta Bandung-Pangandaran, pelebaran jalan dari Banjar menuju pangandaran dan juga revitalisasi bandara nusawiru dengan memperpanjang runway.

Bandara Nusawiru merupakan aset milik Pemprov Jabar yang bisa di gunakan untuk mempersingkat waktu tempuh ke Pangandaran, mengingat jarak yang cukup jauh dan cukup lama jika melalui jalur darat.

Gubernur juga menyampaikan bahwa pihaknya dengan Susi Air sedang mengkaji penambahan frekuensi penerbangan ke pangandaran. Sehingga wisatawan akan senang kalau banyak pilihan.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata  menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat serta semua pihak yang telah memberikan dukungan besar agar di Pangandaran dapat ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Ini akan semakin menguatkan tekad kita untuk mewujudkan Pangandaran sebagai daerah wisata berkelas dunia.