Roller Barier Perdana Telah Terpasang di Ruas Jalan Provinsi di Jawa Barat

Post :   |   29 Desember 2018   |   16:24 WIB   |   Dilihat 294 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Roller Barier Perdana Telah Terpasang di Ruas Jalan Provinsi di Jawa Barat

Jawa Barat – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah menyelesaikan pemasangan pagar pengaman jalan roller barrier di tanjakan letter ‘S’ ruas jalan Cikidang-Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Pemasangan roller barrier dipasang sepanjang 60 meter berasal dari dana CSR (Corporate Social Responsibility) pengusaha Korea Selatan.

Jalur Cikidang-Sukabumi memiliki kontur pegunungan dan berkelok rawan terjadi kecelakaan. Pekan pertama September 2018 silam telah terjadi kecelakaan yang menyebabkan puluhan orang meninggal, saat ini titik tersebut telah dipasangi roller barrier.

Selain di Cikidang Kabupaten Sukabumi pemasangan roller barrier tersebut di tahun 2019 juga akan diaplikasikan antara lain pada dua titik di ruas jalan provinsi rawan kecelakaan, yaitu di ruas jalan provinsi Kabupaten Subang, tepatnya di Warung Abah kurang lebih sekitar 20 meter. Ruas jalan Nagreg-Garut juga akan dipasang tepatnya di daerah Leuweung Tiis sepanjang 20 meter. Pelaksanaannya akan dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelola Prasarana Perhubungan LLAJ Dishub Jabar, pemasangan roller barrier tersebut membuatuhkan waktu 2 hingga 3 hari.  

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik,M.Si. selain manusia dan kendaraan salah satu faktor keselamatan lalu lintas angkutan jalan yaitu fasilitas pengaman jalan juga harus di perhatikan. Roller barrier ini sudah tersedia tinggal berjalan pemasangannya, yang paling penting inovasi ini sudah diterapkan di Jawa Barat.

Upaya yang terus dilakukan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat saat ini juga melakukan ramp check di terminal untuk memberikan pelayanan transportasi dengan mengedepankan keselamatan.

Roller barrier ini digagas oleh Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil dengan menerapkan teknologi dari Korea Selatan. Tahun 2019 mendatang akan di pasang di seluruh ruas jalan provinsi di Jawa Barat. (Tim Website)