Rute Baru Kereta Api Bandung - Banjar

Post :   |   02 Januari 2019   |   17:52 WIB   |   Dilihat 763 kali

DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR
DISHUB JABAR

Rute Baru Kereta Api Bandung - Banjar

Pangandaran – PT Kereta Api Indonesia (PT.KAI) telah membuka rute baru ke wilayah Jawa Barat bagian selatan yaitu Banjar-Bandung-Jakarta. Dalam peluncurannya yang dilaksanakan pada hari Rabu (2/1/2019) dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jawa Barat. Launching KA tersebut juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Anggota Dewan Komisaris PT KAI, Walikota Banjar, Bupati Pangandaran, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat, Kadishub Provinsi Jawa Barat, CEO BNI Bandung, Dirpamobvit Polda Jawa Barat, Kapolres Banjar, Dandim 0613 Ciamis, dan Wakapolres Ciamis , serta  undangan  lainnya.

Menurut Dirut PT.KAI Edi Sukmoro mengatakan pihaknya membuka jalur baru ini karena kebutuhan masyarakat Jabar atas moda transportasi massal seperti kereta api terus meningkat pesat. Pihaknya pun berupaya membantu moda transportasi yang sudah ada, bukannya bersaing dengan moda transportasi yang lebih dulu beroperasi.

Guna melayani masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan KA dengan relasi Jakarta – Bandung -   Banjar, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaunching KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir – Bandung – Banjar (PP) dan  Bandung - Banjar ( Pp )  di Stasiun Banjar, Rabu (2/1/2019). Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk.  Untuk jarak sekitar 328,8 Km antara Jakarta - Banjar, kereta ini akan menempuh waktu  sekitar  8 jam ,  dan  dari Bandung ke Banjar dgn jarak 155,8  km dtempuh  sekitar 4 jam 30 menit.

Nama kereta api ini diambil dari nama daerah sarat potensi wisata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar, yakni Pangandaran. Beberapa wisata di wilayah Kabupaten Pangandaran di antaranya Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon, dan lain sebagainya.

Wakil Gubernur Jawa Barat dalam kesempatannya juga menyampaikan harapan dengan beroperasinya KA Pangandaran mendongkrak destinasi wisata favorit di Pangandaran dan Jawa Barat. "Saya berbangga atas hasil kolaborasi PT KAI (Kereta Api Indonesia) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini," ungkap Uu saat meresmikan beroperasinya KA Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP) di Stasiun Banjar, Kota Banjar.

Wagub juga menambahkan bahwa Kabupaten Pangandaran memiliki potensi wisata unggulan di Jawa Barat, salah satu upaya agar pariwisata di Jawa Barat semakin hidup yaitu dengan mempermudah aksesibilitas ke kawasan tersebut, "Saya bersama Kang Emil (Gubernur Jabar Ridwan Kamil) dalam rangka Jabar Juara Lahir Batin punya rancangan memperbaiki transportasi kereta api".

PT.KAI juga menggelar promo tiket perjalanan Kereta Api Bandung-Banjar. Tiket dapat dibeli mulai H-30 sebelum keberangkatan di KAI Access di seluruh mitra penjualan tiket resmi KAI.